Skip to content

5 Aplikasi Gratis Penunjang Desain dan Produktifitas

January 20, 2012

5 Aplikasi Gratis Penunjang Desain dan Produktifitas

Oleh: Richard Fang

6 February 2010

Aplikasi_Gratis_adobe_air

Sebagai desainer kita selalu di tuntut untuk selalu produktif, baik bagi yang berkarir secara freelance atau yang bekerja dengan orang lain. Biasanya yang menjadi permasalahan adalah waktu, walaupun secara teori mengatur waktu itu mudah, namun pada prakteknya sangat-sangat tidak mudah.

 

Untungnya sekarang teknologi sudah sangat memadai dan sangat membantu kita. Dalam hal ini kita akan menggunakan aplikasi berbasis Adobe Air. Selain karena ringan dan mudah di install, pilihan yang ada begitu banyak. Tetapi tentu tidak semua aplikasi bersifat gratis, mayoritas merupakan aplikasi berbayar, walaupun kualitasnya juga sesuai dengan harganya.

Untuk itu saya mau membagikan 5 aplikasi Adobe Air yang gratis dan bisa menunjang pekerjaan kita sebagai desainer grafis. Saya yakin ini akan berguna karena saya juga sudah mencoba dan menggunakan aplikasi ini dalam kegiatan sehari-hari.

Ok, langsung saja kita mulai! :D

1. Doit.im

Doitim_shot

Mulai kewalahan karena terlalu banyak projek yang harus dilakukan dalam satu waktu? Tenang saja, dengan aplikasi ini, semua projek yang masuk bisa kita klasifikasikan berdasarkan deadline dan prioritas. Sehingga kita dengan mudah mengetahui projek mana yang harus di update atau di selesaikan dalam satu hari.

Tentu saja selain karena fungsinya yang berguna, saya memilih Doit.im di banding aplikasi Task Management yang lain karena desainnya yang menarik! Kamu harus mencobanya!

(Dapatkan Doit.im sekarang!)

2. Focus Booster

Focus_Booster_shot

Bagi kamu yang sering bekerja sambil browsing internet, saya jamin waktu kerja kamu pasti sedikit. Lebih banyak browsing kan? :P Tenang saja semua pasti mengalaminya, termasuk saya juga (terkadang internet bisa membius kita!).

Nah, dengan aplikasi ini kita bisa lebih mendisplinkan diri kita dalam bekerja. Yang menarik adalah kita bisa mengatur waktu fokus kita selama maksimal 40 menit, lalu alarm akan berbunyi dan memberikan waktu 5 menit (atau lebih) untuk istirahat sebelum memulai sesi 40 menit berikutnya. Patut di coba! Saya sendiri sudah merasakan manfaatnya! :D

(Dapatkan Focus Booster sekarang!)

3. Font Picker

Font_Picker_shot

Desainer grafis pasti mempunyai koleksi font yang banyak, ini sudah menjadi kebiasaan, kita terbiasa menginstall semua font yang kita dapat. Karena kita berpikir, “siapa tahu suatu saat butuh”. Tidak salah memang, malah sudah seharusnya.

Saya yakin mayoritas kita memilih font yang akan kita pakai, langsung di Photoshop atau Illustrator. Permasalahannya muncul pada waktu kita memilih font. Pada Photoshop sungguh manjadi pengalaman yang kurang mengenakkan karena tampilan font yang kurang besar, sehingga detail font dalam list tidak terlihat jelas. Sedangkan di Illustrator, kita memilih satu font lalu menekan panah bawah atau atas untuk melihat detail font satu persatu (bagaimana kalau kita mempunyai ratusan atau bahkan ribuan font?) sungguh membuang waktu.

Lain halnya dengan Font Picker ini, fungsinya langsung pada intinya, tidak banyak basa basi.  Tapi dapat memberikan list dengan cepat dari semua font yang ada di komputer kita. Dan yang sangat membantu adalah kita bisa mengetik kata/kalimat yang kita mau, sehingga memilih satu dari ratusan font menjadi sangat mudah dan menyenangkan!

(Dapatkan Font Picker sekarang!)

4. Pixus

Pixus_shot

Teman-teman web desainer pasti memerlukan aplikasi ini. Dengan Pixus, mengukur elemen pada sebuah website menjadi begitu mudah. Tidak perlu lagi menduga-duga atau melihat source file untuk mendapatkan ukuran yang tepat.

Saya sering menggunakan Pixus untuk mengukur jarak antar elemen pada website. Dengan begitu kita tahu apakah harus menambah atau mengurangi jarak dari desain yang telah kita buat sebelumnya. Bisa juga di gunakan untuk membuat perencanaan tata letak. Intinya dapat mengukur apapun selama itu masih di jangkauan 72 dpi dan dalam satuan Pixel.

(Dapatkan Pixus sekarang!)

5. Color Browser

Color_browser_shot

Sesuai dengan namanya, aplikasi ini digunakan untuk membuat color pallete pada suatu desain. Kita bisa menentukan terlebih dulu kombinasi warna apa saja yang kita pakai untuk projek desain kita nanti. Dari hasil kombinasi ini kita akan menemukan mood yang tepat.

Tidak lupa juga ada fungsi untuk menyimpan kombinasi yang telah kita buat. Untuk menggunakan warna yang telah kita pilih, kita tinggal melihat kode warna nya, lalu di paste di photoshop atau program desain yang lain.

Sebagai tambahan, kita bisa melatih kepekaan kita terhadap warna dengan belajar membuat berbagai kombinasi warna di waktu senggang :)

(Dapatkan Color Browser sekarang!)

Kesimpulan

Aplikasi di atas adalah elemen penunjang cara kerja kita sebagai desainer. Intinya adalah displin waktu dan keterbukaan untuk mengeksplorasi berbagai kemungkinan baru yang akan berdampak pada hasil akhir kerja keras kita.

Kalau ada aplikasi Adobe Air gratis yang tertinggal silakan berbagi dengan teman yang lain di kolom komentar ya! :)

 

sumber : http://jurusgrafis.com/sumber/aplikasi-gratis-penunjang-desain-produktifitas/

No comments yet

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: